you're reading...
Jaringan Komputer

Kegunaan Ping pada Windows


Menurut Wikipedia Ping (kadangkala disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Command Ping

Mike Muuss menulis program ini pada bulan Desember 1983, sebagai sarana untuk mencari sumber masalah dalam jaringan. Menurutnya, nama “ping” berasal dari suara echo (sonar) sebuah kapal selam yang bilamana sang operator mengirimkan pulsa-pulsa suara ke arah sebuah sasaran maka suara tersebut akan memantul dan diterima kembali ketika telah mengenai sasaran dalam jangka waktu tertentu.

Utilitas ping akan menunjukkan hasil yang positif jika dua buah komputer saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Hasil berupa statistik keadaan koneksi yang kemudian ditampilkan di bagian akhir. Kualitas koneksi dapat dilihat dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil kedua angka tersebut, semakin bagus kualitas koneksinya. Untuk melihat apakah terkoneksi atau tidak akan muncul keterangan reply from … , bila tidak bisa terkoneksi akan muncul keterangan requet time out

Syntax

ping [-t] [-a] [-n Count] [-l Size] [-f] [-i TTL] [-v TOS] [-r Count] [-s Count] [{-j HostList | -k HostList}] [-w Timeout] [TargetName]

Untuk melihat parameter ping lainnya ketik perintah berikut:

ping /?

-t : Melakukan perintah ping ke host tujuan terus menerus sampai dihentikan. Untuk melihat statistik dan melanjutkan tekan Control+Break sedangkan untuk menghentikan proses tekan Control+C.

-a: Melakukan perintah ping dan mencari nama host dari komputer tujuan.

-n count: Melakukan perintah ping dengan menentukan jumlah pesan echo request yang dikirim. Defaultnya tanpa -n adalah 4.

-l size: Melakukan perintah ping dengan mengirimkan paket data dalam pesan echo request yang dikirim. Secara default paket yang dikirim 32 bytes. Maksimum paket yang bisa dikirimkan sebesar 65,527 bytes.

-f: Melakukan perintah ping dengan menetapkan bahwa pesan echo request yang dikirim dalam header IP tanpa fragmentasi . Pesan echo request tidak dapat terfragmentasi oleh router di jalur tujuan. Parameter ini berguna untuk troubleshooting Path Maximum Transmission Unit (PMTU).

– TTL: Melakukan perintah ping dengan menentukan nilai TTL dalam header IP terhadap pesan echo request yang dikirim. Secara default TTL untuk Windows XP adalah 128. Maksimum TTL 255.

-v: Melakukan perintah ping dengan menentukan nilai jenis layanan (Type Of Services/TOS) dalam header IP untuksetiap pesan echo request yang dikirim. Defaultnya adalah 0. TOS yang ditentukan adalah nilai desimal berkisar antara 0 sampai 255.

-r Count: Melakukan perintah ping dengan dengan
menambahkan opsi Record Rute dalam header IP untuk merekam route yang diambil oleh pesan echo request yang dikirim dan yang diterima. Nilai Count minimal adalah 1 dan maksimal 9.

-j Hostlist: Melakukan perintah ping dengan menambahkan opsi Loose Source Route dalam header IP yang ditentukan dalam HostList. Hostlist adalah serangkaian alamat IP yang dipisahkan oleh spasi.

-k Hostlist: Melakukan perintah ping dengan menambahkan opsi Strict Source Route dalam hedar IP yang ditentukan dalam HostList.

-w
Timeout: Melakukan perintah ping dengan mengatur timeout dalam satuan milidetik. Secara Default waktu time outnya adalah 4000 millisecond (4 detik).

Contoh Penggunaan Perintah Ping:

Ping destination google.com atau dengan mengetik ip 74.125.235.36

ping google.com atau ping 74.125.235.36

hasilnya :

keterangan :

  • Reply from 74.125.235.36 berati packet yang kita kirim ke alamat google.com (74.125.235.36) dapat terkoneksi
  • Bytes=32 yaitu besar packet yang kita kirimkan ke alamat tsb sebesar 32 bytes
  • Time=26ms yaitu waktu yang dibutuhkan untuk dapat berkomunikasi adalah 26ms
  • TTL=53 yaitu time to live nya 53

Ping destination 74.125.235.51 dan  melihat  nama host

ping –a 74.125.235.51

hasilnya :

  • Dengan menambahkan option –a akan tampil nama host/ komputer yang kita ping.

Ping destination 74.125.235.51 dengan 10 pesan echo request dan 64 bytes besar paket yang dikirim

ping -n 10 -l 64 74.125.235.51

hasilnya :

keterangan :

  • -n 10 adalah kita akan melakukan tes koneksi sebanyak 10x
  • -l 64 adalah kita akan mengirim pesan sebesar 64 bytes, semakin besar packet yang kita kirimkan akan semankin lambat,

Ping destination 74.125.235.51 dengan merekem route selama  4 hop

ping -r 4 74.125.235.51

hasilnya :

keterangan :

  • -r 4 adalah jumlah routing adalah 4 hop, tapi sebenarnya bisa saja jumlah hop/router ke alamat yang di tuju lebih dari 4 hop/router, sama halnya dengan perintah traceroute

Semoga bermanfaat.

Mari belajar, mari berbagi 😀

Advertisements

About blogirawan89

kita hidup tidak sendiri, kita pasti membutuhkan orang lain mari kita berbagi (ilmu, harta) dan teruslah belajar jadikan hidup ini menjadi hidup yang penuh syukur, karena kebahagiaan sempurna adalah dengan bersyukur ...

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My Blog

zwani.com myspace graphic comments

Blog Stats

  • 28,449 hits

Baca Al-Quran Online

Waktu Sholat dan Arah Kiblat

Kalender

May 2012
M T W T F S S
    Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Yahoo


IP Anda

Statistik Pengunjung

free counters
%d bloggers like this: